Nasi Grombyang Yang Segar Merangsang Dari Kota Pemalang

Tulisan ini bisa dibilang lanjutan dari postingan saya terdahulu tentang kuliner dari Pekalongan. Sekitar satu jam perjalanan dari Pekalongan ke arah barat (atau arah Jakarta) kita akan sampai di kota Pemalang. Seperti Pekalongan, Pemalang juga mempunyai kuliner khas yang tidak kalah serunya yang pernah membuat saya penasaran.

Ngomong-ngomong, ini Pemalang ya, bukan Malang. Pemalang ada di pantai utara Jawa Tengah. Kalau Malang kota pegunungan di Jawa Timur.

Semasa saya masih kuliah dan ngekos di Jogja dulu, salah seorang kawan kos saya adalah orang Pemalang asli. Dan pada beberapa kesempatan, kawan saya ini sering menyebut-nyebut kuliner khas tempat asalnya yang katanya maknyus dan selalu bikin kangen. “Nasi Grombyang”, demikian kawan saya bilang, “Cobain lah sekali-kali kalau lewat Pemalang. Enak!” Saking seringnya kawan saya ini menyebutkan Nasi Grombyang dan membangga-banggakannya, lama kelamaan saya jadi penasaran dan tanpa sadar nama Nasi grombyang selalu terngiang-ngiang di telinga: “Grombyang.. Grombyang.. Grombyaaanggg.” Lama-lama kok malah jadi terdengar seperti suara barang pecah belah. 😛 Lah terus sebenernya apa itu Nasi Grombyang?

Setelah sekian lama memendam rasa penasaran, akhirnya saat mudik lebaran tahun kemarin–kebetulan pas iseng lagi kepingin bawa mobil sendiri–sewaktu dalam perjalanan balik ke Jakarta saya bertekad bulat untuk mampir Pemalang nyari keberadaan Nasi Grombyang. Setelah sempet kontak kawan saya nanyain petunjuk lokasi, dengan berbekal Google Maps di tangan kiri dan tangan kanan megang setir sambil beberapa kali clingak-clinguk kiri kanan, akhirnya ketemu juga Nasi Grombyang Pak Warso, yang letaknya tidak jauh dari alun-alun Pemalang.

Interior Nasi Grombyang Pak Warso

Interior Nasi Grombyang Pak Warso

Jadi ternyata Nasi Grombyang ini sejenis hidangan berkuah mirip soto dengan isian potongan daging kerbau yang dibanjiri kuah, ditaburi potongan daun bawang serta bawang goreng, dan dihidangkan bersama nasi. Kalau lihat sekilas kuahnya yang sedikit kehitaman malah jadi mirip rawon. Ketika dihidangkan panas-panas dan terlihat uapnya mengepul mengeluarkan aroma yang sedap, rasanya jadi napsu banget buat segera menyerbu. Wah, saya aja sampai ngiler ngebayanginnya. 😀 “Kenapa namanya Nasi Grombyang?” Ternyata karena penyajiannya antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga nampak bergoyang-goyang alias bahasa Jawanya kelihatan “grombyang-grombyang”. Oiya, Nasi Grombyang ini dihidangkan pake mangkuk kecil mungil. Jadi kalau anda termasuk golongan orang-orang yang hobi makan dengan porsi kuli, ya terpaksa kudu nambah satu porsi lagi kalau mau puas.

Nasi Grombyang Dengan Pelengkap Sate Daging Kerbau

Nasi Grombyang. Lebih afdol lagi kalau dimakan bersama Sate Kerbau sebagai pelengkap.

Di Pemalang ini konon katanya Nasi Grombyang yang paling ngetop adalah kepunyaan Pak Haji Warso yang berada di Jalan R.E. Martadinata, deket alun-alun. Patokannya pokoknya cari aja alun-alun, terus cari Jalan R.E. Martadinata, susurin aja jalan itu, tidak terlalu jauh dari alun-alun. Letaknya di sebelah kiri jalan sebelum rel kereta. Kalau udah melampaui rel kereta berarti udah kelewat. Seperti biasa, jika menemui kesulitan minta saja bantuan GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) dengan kata kunci “Grombyang Pak Warso”. Pasti ketemu kok, orang udah ngetop kemana-mana.

Nasi Grombyang Pak Warso

Nasi Grombyang Pak Warso. Ngomong-ngomong mobil putih yang parkir di depan itu bukan mobil saya loh ya. Nanti dikira pamer 😛

Sekedar informasi aja, jalanan menuju Nasi Grombyang Pak Warso ini agak sempit dan padat. Terlebih lagi kalau pas jam-jam makan tiba, agak susah dapet tempat parkir karena biasanya sudah penuh dengan pelanggan yang berdatangan. Jadi saran saya, gak usah bawa mobil gede-gede seperti Kopaja atau Lorena. Ribet nanti parkirnya. Belum lagi puter baliknya. 😀

Akhir kata, kalau kebetulan anda sedang dalam perjalanan menyusuri pantura dan lewat Pemalang, silahkan aja mampir di Nasi Grombyang Pak Warso. Sama sekali tidak rugi mencoba. Pasti nendang dan kenyang. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: