Mencicip Sensasi Kupang Lontong Surabaya Di Jakarta Selatan

Akhirnya blog ini berhasil ter-update juga setelah setahun lebih saya tinggalkan sampai berdebu dan penuh sarang laba-laba. Untuk pemanasan, kali ini saya mau ngoceh tentang makanan. Tentang urusan perut. Karena urusan perut itu urusan yang krusial bagi sebagian umat manusia. Manusia bisa menjadi beringas ketika kelaparan. Sebaliknya, ketika kekenyangan manusia akan anteng, ayem tentrem, diam dalam damai ketika terkantuk-kantuk dalam balutan suasana nyaman. Laper galak kenyang bego, begitu istilahnya. šŸ˜€

Baiklah, kali ini saya mau ngoceh tentang kuliner dari Jawa Timur. Khususnya Surabaya dan sekitarnya. Surabaya selain dikenal sebagai Kota Pahlawan juga dikenal dengan gudangnya kuliner dengan cita rasa yang khas (kalau tidak boleh dikatakan “ajaib”). Kalau anda pernah mencoba Rujak Cingur dan menganggap rasanya ajaib unik, maka cobalah makanan yang satu ini. Ya. Dialah Lontong Kupang, atau disebut juga Kupang Lontong. Biar dibolak balik tetep sama saja maksudnya.

Lontong Kupang ini kurang afdol disantap tanpa sate kerang

Kupang Lontong kurang afdol disantap tanpa sate kerang

Pertama kali saya mengenal nama makanan ini adalah ketika saya sedang dalam perjalanan menuju KotaĀ Malang via Surabaya beberapa tahun yang lalu. Ketika melewati Sidoarjo, di sepanjang jalan saya banyak menemukan warung-warung di pinggiran jalan bertuliskan: SEDIA KUPANG LONTONG. Saya cuman bisa menatap keheranan ketika terus menemukan tulisan-tulisan itu. Kupang Lontong? Apa pula itu? Lontong dari Kupang? Kenapa pula harus jauh-jauh dari Kupang?

Akhirnya pertanyaan-pertanyaan saya tersebut terjawab ketika baru-baru ini saya menemukan warung Jawa Timuran yang menjual Kupang Lontong di Jakarta. Tepatnya diĀ tenda-tenda kaki lima di halamanĀ parkirĀ Kantor Pos Jl. Fatmawati Jakarta Selatan, tepat di seberang RS Fatmawati. Jangan kesana siang-siang karena warungnya belum buka. Oiya, warung ini tidak cuma jualan Kupang Lontong, tetapi ada juga Lontong Balap, Tahu Tek, dan Tahu Campur. Ketika saya dua kali kesana di jam makan malam, warung ini cukup ramai dengan pengunjung berlogat Jawa Timur yang kental.

Jadi rupanya Kupang Lontong ini adalah hidangan lontong kuah dengan lauk andalan berupa kupang. Lha kupang itu apa? Kupang itu adalah semacam kerang laut kecil-kecil, hampir sekecil butiran beras. Potongan-potongan lontong disiram kuah dengan kupang, ditambah petis serta lenthoĀ (semacam gorengan terbuat dari serutan singkong dan kelapa) sebagai pelengkap menjadikan Kupang Lontong mempunyai cita rasa yang unik. Seger, pedes (tingkat kepedesan bisa diatur by request), rasa petis yang dominan serta krenyes-krenyes kupang dan lentho ketika dikunyah adalah sebuah pengalaman kuliner yang akan sulit dilupakan. Sedikit asing, tidak lazim, tetapi unik dan tolerable di lidah. Mungkin tidak semua orang akan suka rasanya. Tetapi percayalah, bagi para petualang kuliner hidangan yang tiada duanya ini sayang sekali untuk dilewatkan.

Advertisements

15 comments

  1. Muhimmah · · Reply

    “Untuk pemanasan, kali ini saya mau ngoceh tentang makanan.” Untuk latihan inti dan pendinginan meu mbahas apa om? šŸ˜€

    1. Untuk latihan inti mau bahas makanan-makanan yang lebih berat. Untuk pendinginan boleh lah nanti bahas sajian pencuci mulut. Intine sih tetep panganan-panganan juga. Hahaaaa.. šŸ˜€

  2. rieke · · Reply

    nama pedagangnya apa ya, didepan rs fatmawati?

    1. ndak apal namanya sih. cuman di dalam halaman kantor pos seberang rs itu kan kalau malem rame pedagang kaki lima. cari aja pedagang yang jualan masakan jawa timuran, di deretan yang deket pagar kantor pos.

      salam

    2. arry bhogenk · · Reply

      Warung kaki lima khas Suroboyo yg di halaman kantorpos fatmawati / sebrang RS Fatmawati namanya PM ( Pawon Memez ) …..ada menu lain namanya Semanggi…..ini juga tidak boleh dilewatkan
      Ada juga sate kerang , tahu petis juga sinom dan beras kencur made in Ning Memez .

      1. Terima kasih tambahan infonya mas. Kapan-kapan nyobain semangginya deh..

  3. Dian Pambudi · · Reply

    Kalo ke Surabaya, mampir aja ke Lontong Kupang Mbah Yo di Jalan Jambangan Kebon Agung No.1 Sby 0858-5228-0255…nyesel kalo nggak nyoba….lihat ulasan : http://arrohman.blogspot.com/2012/03/wiskul-lontong-kupang-mbah-yo.html

  4. […] lontong kupang khas Sidoarjo via fanikovsky.wordpress.com […]

  5. Raffi · · Reply

    skr masih ada gak gan? pengen coba ksana, bisa minta posisi google mapnya warung kupang lontong ini?

    1. Udah lama gak mampir gan. Patokannya sih di halaman Kantor Pos seberang RS Fatmawati. Koordinatnya kira-kira -6.2943545, 106.7949071.

  6. Meluncur uda kangen nih ama lontong kupang mangane seng pedes…+sate kerang jangan lupa yg alergi minumnya kelapa muda ya…

  7. stephanus · · Reply

    Om masih ada ga lontongkupangnya?

  8. Yunita13 · · Reply

    Ada yg jual di daerah Tebet gak yaaa….ngidam lontong kang dan sate kerang nya

  9. Yunita13 · · Reply

    Ada yg jual di daerah Tebet gak yaaa….ngidam lontong kupang dan sate kerang nya

  10. hycmaoelfha · · Reply

    Sekarang masih jualan g ya lg ngidam lontong balap sm sate kerang nih? Mohon infonya lg ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: